Karya Lukisan Alit Sembodo

|
Karya Lukisan Alit Sembodo
"Raja Diktator" 
Alit Sembodo : Oil On Canvas 1997 59cm X 69cm

Karya Lukisan Alit Sembodo

Alit Sembodo adalah seniman yang mendedikasikan hidupnya pada dunia seni rupa khususnya seni lukis sejak masa kecil, lahir di magelang 10 Agustus 1973 meninggal dunia di usia muda pada tanggal 4 agustus 2003. Alit Sembodo aktif melukis dengan eksplorasi medium dari cat acrylic, pensil,tinta, diatas kanvas. Alit sembodo memiliki karakter lukisan yang khas dengan tema-tema kritis meliputi isu-isu sosial budaya, ekonomi maupun politik yang dirasakan pada masa hidupnya. Situasi yang melatar belakangi selama dia hidup (era reformasi) menjadi keresahan dan renungannya dalam sebuah karya seni.

Lukisan diatas yang berjudul Raja diktator adalah salah satu dari karya Alit Sembodo, Sebuah karya seni tinggi, lukisan yang menggambarkan seorang raja diktator yang kejam, dikelilingi oleh orang-orang terdekatnya yang juga memiliki watak atau sifat yang sama, memiliki visi dan misi yang sama dalam kejahatan. Raja diktator yang menindas rakyat hanya untuk kelanggengan kekuasaanya beserta para kroni-kroninya, yang tidak peduli dengan kesusahan dan penderitaan rakyatnya, mereka hidup mewah sedangkan rakyatnya hidup sengsara.

Dimanapun negara atau dimanapun kerajaan, jika dipimpin oleh seorang pemimpin atau raja yang diktator, pasti kondisi rakyatnya terbelakang dan kehidupan yang serba sulit, sedangkan Raja dan kroni-kroninya hidup dalam kemewahan.

Raja diktator telah menginspirasi Alit sembodo untuk berkarya menciptakan sebuah lukisan bercorak dekoratif yang sangat tepat dalam menggambarkan figur tentang raja diktator.

Karya Lukisan Alit Sembodo
" Membasmi Kejahatan I "
Acrylic on Canvas : 141cm X 90cm : 2002

Beberapa karya lukisannya yang lain berjudul Membasmi Kejahatan I dan II, lukisan unik bergaya karikatur, menyampaikan pesan akan situasi yang panas dan kacau di suatu wilayah atau negara, panasnya situasi diwakili oleh warna merah pada background lukisan. Seolah para pelaku kejahatan telah merajalela dimana-mana, dan diberbagai sisi kehidupan, dan tidak seimbangnya antara jumlah pelaku kejahatan dan penegak kebenaran sang pembasmi kejahatan, terlihat pada lukisan dimana orang jahat digambarkan sebagai sosok tak berwarna (hitam putih), sedangkan sosok penegak kebenaran sang pembasmi kejahatan digambarkan sebagai figur Gathot kaca, dan yang membuat unik dalam lukisan ini adalah sosok penegak kebenaran berkepala Gahot kaca yang mengendara mode (motor gede), meskipun jumlahnya sedikit namun akan mampu membasmi semua kejahatan, karena figur Gathot kaca sendiri adalah "otot kawat, balung wesi, ora tedas paluning pande" atau sosok yang sakti mandra guna seperti kekuatan Superman.

Dan dalam lukisan juga digambarkan figur Gathot kaca yang menyerupai sosok pelaku jahat berwarna hitam putih, namun hal ini memiliki dua makna apakah sosok Gathot kaca tersebut hanya menyamar (intel), ataukah memang cerminan dari oknum penegak kebenaran yang tergoda oleh tipu daya Dunia (harta, tahta dan wanita). Lukisan unik dan penuh makna karya Alit Sembodo, dilukis dengan menggunakan media campuran (mixed media) yang mengkombinasikan material cat acrylic, tinta dan pensil diatas canvas.

Karya Lukisan Alit Sembodo

" Membasmi Kejahatan II "
Acrylic on Canvas : 92cm X 71cm : 2001

Seperti pada tema lukisan sebelumya, Lukisan unik bergaya karikatur yang berjudul "Membasmi kejahatan -02" masih menyampaikan pesan yang sama, dimana para penegak kebenaran berjuang membasmi kejahatan. Dimana kali ini, para pelaku kejahatan semakin merajalela dimana-mana, dengan wajah tertawa dan ramah namun memiliki maksud jahat yang lebih menghancurkan, bahkan mereka sudah berganti warna seperti penegak kebenaran, yang maknanya mereka seolah-olah berbuat baik, namun sebenarnya ada niat jahat dibalik kebaikanya. Dan hal tersebut tercermin pada realita kehidupan sejak dahulu kala, namun dengan wujud yang berbeda sesuai dengan jamanya masing-masing.

Namun dengan gagah berani, sang pembasmi kejahatan yang digambarkan sebagai sosok Gathot kaca, pantang mundur untuk terus maju membela kebenaran dan membasmi semua kejahatan. Dimana pada akhirnya, kekuatan kebenaranlah yang akan menang.

Lukisan unik dan penuh makna karya Alit Sembodo, lanjutan dari lukisan sebelumnya "Membasmi kejahatan -01" juga dilukis dengan menggunakan media campuran (mixed media) yang mengkombinasikan material cat acrylic, tinta dan pensil diatas canvas.


0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲